Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Orangtua Menentukan Karakter Anak di Usia Dini


Pendidikan usia dini bagi anak akan baik dilakukan oleh keluarga akan menjadi dasar yang menentukan bagi karakter anak selanjutnya. Menurut pakar pendidikan anak Prof.Dr. Hardi Darmawan, konsep pendidikan usia dini adalah pendidikan yang berkarakter. "Konsepnya sederhana saja, anak-anak diajarkan kembali menghormati guru, berdisiplin, menghargai teman dan membangkitkan rasa saling menyanyangi," ujar Hardi kepada SCTV.

Menurut Hardi pendidikan berkarakter ini sebaiknya dilakukan oleh keluarga. "Yang terpenting basisnya orang tua, jadi konsep pendidikan ada di keluarga, karena fondasinya dalah keluarga. Jadi walaupun orang tua sibuk tetap menjadi tanggung jawab keluarga, yang penting bukan kuantitas, tapi kualitas kebersamaanya, Tutur Hardi.

Selanjutnya Direktur Utama Rumah Sakit RK Charitas Palembang ini menjelaskan, kecenderungan yang salah dari orangtua sekarang adalah menyerahkan pendidikan usia dini kepada pengasuh (baby sitter), dan sekolah. padahal tanggung jawab pertama usia dini dan utama adalah orang tua. "Luangkanlah waktu untuk berbicara dengan anak mengenai hal-hal yang bermanfaat, dan yang penting adalah kualitasnya bukan kuantitas, "kata Hardi.

menurutnya dalam mendidik anak, orang tua tidak memberikan segala sesuatu dalam bentuk materi semata-mata. "Jadi ibarat pepatah jangan diberikan ikan, tapi berilah pancing, tetapi saya menambahkan lagi, tidak cukup ikan dan pancing namun ditambahkan bagaimana memakai pancing dan hasil pancingan ikannya," tegasnya.

source